Jumat, 06 April 2012

Langkah Pertama Perbaikan Laptop

Dalam melakukan perbaikan laptop terutama jika masalah terdapat pada mobo, sebaiknya pastikan dulu bahwa masalah benar-benar bukan dari perangkat hardware seperti memory, hardisk, processor atau perangkat pendukung lainya..

hal ini dikarenakan berdasarkan pengalaman ternyata beberapa faktor laptop bermasalah terkadang hanya di sebabkan masalah kecil dan sangat mudah menyelesaikan masalahnya.

beberap contoh kasus yang tampak berat ternyata ringan :

kondisi laptop hidup tapi tidak ada tampilan di layar lcd ?
coba lakukan pembersihan pada fan pendingin, hal ini disebabkan karena banyaknya tumpukan debu yang nongkrong di lubang fan sehingga sirkulasi udara tidak berjalan normal bahkan menyebabkan kipas berhenti bekerja... gunakan kuas kecil dalam melakukan tindakan pembersihan kipas.. beberapa merk saat ini tidak perlu membongkar keseluruhan casing laptop tapi cukup membuka salah satu penutup belakang maka akan tampak kipas pendingin ..

kondisi laptop mati total ?
untuk kerusakan ini biasanya di sebabkan pada memory, cobalah membuka casing belakang dan temukan memory laptop.. cabut memory tersebut dan lakukan pembersihan dengan menggunakan penghapus pensil untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada pin-pin yang berwarna emas, setelah itu pasang kembali dan nyalakan.. untuk hasil yang lebih memuaskan sebaiknya pinjam memory teman yang masih bagus untuk di lakukan pengetesan ..


Tidak bisa dilakukan penginstalan  system?
kasus ini paling banyak di sebabkan oleh rusaknya hardisk atau terdapat bad sector pada hardisk sehingga system yang kita instal tidak bisa berjalan semestinya atau sering disebabkan kondisi CD instal yang sudah rusak karena banyaknya goresan pada permukaaan CD  sehingga tidak bisa terbaca oleh drive pembaca atau kemungkinan drive pembaca yang sudah tidak mampu lagi membaca cd installer sehingga pada saat pertengahan jalan tiba-tiba proses instalasi terhenti
kemungkinan lain yaitu ada hardware yang rusak sehingga menggangu penginstalan system, semisal card wirless, card blutooth, sd card atau jenis card lainya yang terpasang pada mainboard.. sebelum lakukan penginstalan coba cabut semua card- card yang terpasang terlebih dahulu..

semoga informasi di atas bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar