Sabtu, 07 April 2012

Modifikasi Kipas Laptop


Terkadang kita merasa laptop yang kita miliki terasa cukup panas bahkan terdapat beberapa laptop yang suhu panasnya terasa sampai ke keyboard sehingga cukup mengganggu dalam penggunaannya.

kipas/fan laptop yang banyak di jual di pasaran sebagai dudukan laptop yang mampu menghembuskan angin untuk sekedar  membantu pendingin yang sudah tersedia, cukup baik untuk membantu sirkulasi udara  agar suhu sedikit lebih dingin dengan bantuan hembusan angin dari kencangnya putaran kipas dari arah bawah laptop.

kipas/fan yang terpasang pada laptop kita sebenarnya sudah cukup memadai, karena memiliki sensor otomatis yang berhenti ketika suhu pada laptop menurun.


modifikasi kipas ini kita lakukan untuk menambah daya putar pada kipas sehingga bisa lebih mengoptimalkan kerja kipas itu sendiri sehingga tanpa penambahan alat bantu dudukan kipaspun kondisi suhu pada laptop sudah cukup dingin.

Modifikasi hanya melakukan penambahan kekuatan fan,tanpa menggangu system sensor auto stop fan regulator, sehingga tidak membuat battery boros ketika dipakai tanpa menggunakan adaptor.

Perhatikan ada 3 kabel untuk kipas laptop dan berikut fungsi ke 3 kabel tersebut 
Merah/coklat  : kabel power
Hitam            : kabel ground
Kuning          : kabel sensor auto power

sebelum melakukan modifikasi persiapkan avo meter untuk mengukur dan menentukan tegangan yang akan di cangkok.. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut..

 Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar